Reduce Image Size

Anyeong.. para pembaca dan author di SM Town Fan Fiction.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sedikit tips mengenai bagaimana memperoleh File Size / Ukuran file yang kecil dari sebuah image ketika akan digunakan untuk membuat Banner Fan Fiction.

Asal muasal kenapa saya buat Tutorial ini,
Saya saat ini sedang mencoba mengupdate tulisan-tulisan para Freelance Writer yang sudah masuk ke dalam E-mail SMFF. Dan alamak, saya cukup terkejut dengan file gambar yang mereka sertakan di dalam e-mail tersebut. Ada yang memakai esktensi PNG-24 dan juga JPEG uncompressed yang dimana membuat ukuran file tersebut menjadi teramat buncit.

Tentu saja jadi PR baru buat saya, saya membuka Photoshop lagi dan mengecilkan ukuran file tersebut tanpa merubah ukuran image-nya. Hasilnya lumayan, ada file 500kb yang di pangkas hingga 250kb.

Lah ngapain ukurannya dikecilin?
Mudah saja menjelaskannya, ga mau nungguin loading image-nya lambat kan? ya kecilin file imagenya! :p
Makin kecil suatu image ya berarti ga perlu repot-repot ngeloading image itu.

Here we go…

Buka Photoshop kamu.

1. Ketika Save file di Photoshop, pilihlah Save as for Web
Karena Save as For Web, secara otomatis Photoshop akan mengoptimalkan image tersebut agar memiliki ukuran file yang cukup ringan untuk internet user.

2. Ekstensi file yang dipergunakan yang baik adalah : JPEG
Hindari pemakaian PNG, GIF etc. Karena ekstensi file tersebut dipergunakan untuk kebutuhan lainnya.
Jika kalian Advance User dalam Photoshop, serta mengerti sistem warna mungkin PNG dan GIF bisa menjadi pilihan kalian karena warna yang hanya berkisar di 8-bit atau kurang dari 256 warna lebih cocok pada format tersebut.

3. Quality : 40-50
Karena image yang akan kalian tampilkan hanya untuk di web saja, pilihlah kisaran kualitas antara 40-50 karena sudah sangat layak untuk dilihat, meskipun agak sedikit menurun kualitasnya, tapi lihat… file Size-nya sudah menurut drastis bukan? (indikator file size ada di kanan bawah JPEG xxx.x K )

4. Check Optimized , Uncheck Embedd Color Profile

5. Save.

Mudah kan?

Oia sedikit saran sih ketika kalian membuat banner untuk FanFiction.
Sebaiknya membuat pada ukuran web saja , 600×400, 640×480, 800×600. Lebih besar tidak masalah sih tapi buat apa? bukannya hanya memberatkan waktu mengakses saja? lebih baik dibuat pada ukuran optimal saja toh memang tujuannya hanya untuk di publish di Internet bukan untuk di cetak secara Digital kan? :p

Leave a comment